Sunday, 6 March 2016

Bagaimana Cara Mengetahui Scam

Bagaimana Cara Mengetahui ScamYang namanya bisnis online pasti ada penipuan atau scam, tidak selalu mulus, berikut ini rangkuman saya mengenai bagaimana cara menghindari scam.Apa itu scam,scam adalah penipuan online, pengertian lain Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.

Dalam bahasa Inggris, scam diartikan juga sebagai confidence trick or confidence game, sehingga pada awalnya penerima berita merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan. (wikipedia)

Bagaimana cara menghindari scam?

1. Siapa Pemilik Web
Biasanya pemilik website memberikan nama lengkap, alamat, dan fotonya. Jika semua sudah jelas jangan mudah terpecaya dulu, cari tahu tentang sipemilik web tersebut apakah dia orang yang dapat dipercaya atau hanya main-main saja dengan bisnisnya. lebih baik baca dahulu tentang bisnis yang dia tawarkan, jika ada kata-kata yang agak meragukan sebaiknya hati-hati. Misalnya seperti "online dan terpercaya sejak tahun 2002" padahal websitenya baru berumur 1 atau 2 tahun yang lalu. Jika kamu kepengen ngecek websie tersebut, kungjungi http://www.domaintools.com.

2. Tidak Ada Testimoni Dari Orang Lain
Jika dalam website tersebut terdapat testimoni, lebih baik perhatikan apakah testimoni tersebut benar atau tidak. Lebih baik jika testimoni tersebut di tulis oleh nama-nama yang sudah terkenal, karena mereka tidak mau nama mereka menjadi jelek karena memberikan testimoni pada bisnis online palsu. Jika testimoni pada member biasa juga harus diperhatikan apakah kata-kata tersebut benar atau hanya mengada-ada saja atau diluar logika kita.

3. Produk atau Jasa Tidak Jelas
Pahami terlebih dahulu tentang produk yang ditawarkan. Jika kamu mengalami kebingungan atau punya pertanyaan dalam hati, "sebenarnya apa sih yang dia tawarkan?" lebih baik tinggalkan saja, karena tidak ada kejelasan tentang produk tersebut.

4. Tidak Realistis atau Tidak Masuk Akal
Jika ada bisnis online yang untungnya diluar akal lebih baik hati-hati. Misal, kamu ditawari untuk menjadi member web dia dengan membayar Rp100.000,00 dengan tanpa kerja, dan 1 bulan kemudian mendapat income sebesar Rp300.000.000,00. Kalau orang yang waras pasti berpikir "bagaimana mungkin dengan modal yang kecil dan tanpa kerja bisa menghasilkan Rp300.000.000,00 dalam 1 bulan?". Jika kamu berpikiran sehat lebih baik jauhi bisnis seperti ini karena kamu bukanya untung malah rugi.

5. Tidak Banyak yang Merekomendasikan
Ini yang paling penting, semakin banyak yang merekomendasikan atau mengajak untuk memilih produk A ketimbang produk B maka produk A tersebut semakin baik dan terpecaya. Kamu bisa menanyakan pada forum-forum atau search di Google dengan kata kunci seperti ini "apakah produk A SCAM?", nanti akan terlihat hasilnya.

6.Tambahan, install antivirus dan up to date.

Apa bahaya scam?

Dalam hal ini, jika Anda sudah terlanjur terperdaya sebuah situs scam, terkadang konsekuensinya bisa beragam. Mulai dari yang paling ringan, seperti misalnya Anda hanya akan dipancing untuk mengisi survey terlebih dahulu, sebelum mendownload program “fiktif” yang menarik minat Anda. Hingga yang paling berbahaya, ancaman bobolnya data pribadi Anda di ranah online.

Oleh karena itu, untuk keamanan, ketika Anda sedang mengakses akun Facebook, pastikan Anda tidak pernah memberikan data alamat email Anda kepada situs selain Facebook.com.
Dan hindari menyetujui aplikasi pihak ketiga – yang biasanya meminta akses ke data pribadi akun Anda kecuali Anda memang mengetahui dan berkehendak untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Dari pelajaran ini maka ada point yang kita dapat, intinya hati-hati, jangan gegabah. Nah, jika Anda memiliki informasi tentang scam serupa, silahkan berbagi pada kolom komentar berikut.