Rabu, 09 Maret 2016

Pengertian Dari Kata Lorem Ipsum

Pengertian Dari Kata Lorem Ipsum

Pengertian Dari Kata Lorem Ipsum  - Kalian pernah mendengar atau melihat kata Lorem Ipsum ? apalagi kalau para blogger yang suka nyari template blog.

Rata - rata isi tulisan artikel di template Demo tersebut bertuliskan Lorem Ipsum Dolor Sit Amet bla bla bla bla, banyak orang yang mengira itu cuma asal - asalan nulis isinya aja, padahal kata lorem ipsum tersebut ada maksud dan tujuannya lo... :D.
Nah kalian tau Lorem Ipsum ? kalau belum tau akan saya jelaskan disini, oke langsung saja di simak ya penjelasannya.

PENGERTIAN LOREM IPSUM

Lorem Ipsum adalah teks standar yang ditempatkan untuk mendemostrasikan elemen grafis atau presentasi visual seperti font, tipografi, dan tata letak. Atau bisa juga contoh teks atau dummy dalam industri percetakan  dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak dikenal mengambil sebuah kumpulan teks dan mengacaknya untuk menjadi sebuah buku contoh huruf. Ia tidak hanya bertahan selama 5 abad, tapi juga telah beralih ke penataan huruf elektronik, tanpa ada perubahan apapun. Ia mulai dipopulerkan pada tahun 1960 dengan diluncurkannya lembaran-lembaran Letraset yang menggunakan kalimat-kalimat dari Lorem Ipsum, dan seiring munculnya perangkat lunak Desktop Publishing seperti Aldus PageMaker juga memiliki versi Lorem Ipsum.

CONTOH TEKS LOREM IPSUM YANG SERING DI GUNAKAN

Contoh teks lorem ipsum yang sering digunakan adalah:
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

ASAL USUL LOREM IPSUM

Tidak seperti anggapan banyak orang, Lorem Ipsum bukanlah teks-teks yang diacak. Ia berakar dari sebuah naskah sastra latin klasik dari era 45 sebelum masehi, hingga bisa dipastikan usianya telah mencapai lebih dari 2000 tahun. Richard McClintock, seorang professor Bahasa Latin dari Hampden-Sidney College di Virginia, mencoba mencari makna salah satu kata latin yang dianggap paling tidak jelas, yakni consectetur, yang diambil dari salah satu bagian Lorem Ipsum. Setelah ia mencari maknanya di di literatur klasik, ia mendapatkan sebuah sumber yang tidak bisa diragukan. Lorem Ipsum berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah "de Finibus Bonorum et Malorum" (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan) karya Cicero, yang ditulis pada tahun 45 sebelum masehi. Buku ini adalah risalah dari teori etika yang sangat terkenal pada masa Renaissance. Baris pertama dari Lorem Ipsum, "Lorem ipsum dolor sit amet..", berasal dari sebuah baris di bagian 1.10.32.

ARTI LOREM IPSUM DALAM BAHASA INDONESIA

Berikut ini adalah terjemahan bahasa indonesia dari naskah lorem ipsum standar yang digunakan sejak tahun 1500an
"Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar. Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat daripadanya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan?"

Nah itu dia pengertian dan hal - hal lainnya dari kata Lorem Ipsum, Semoga Bermanfaat.
Sumber bacaan : wikipedia