Monday, 29 February 2016

Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru

Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru

Banyak orang membuat blog tanpa tujuan yang jelas dan akhirnya ditinggalkan begitu saja karena berbagai alasan.

Diantaranya karena pengunjungnya sedikit, tidak mendapat keuntungan, tidak mempunyai ide untuk menulis, bosan, dan masih banyak lagi hal yang membuat pemilik blog itu meninggalkan blognya.

Membuat blog baru sebaiknya tidak asal-asalan tergesa-gesa atau antusiasme terlalu tinggi tanpa persiapan dan pemikiran yang mantap. Diharapkan dengan adanya persiapan, akan membuat anda dapat mengurus blog dengan baik tahan lama dan berkualitas, karena blogging adalah permainan jangka panjang. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan,

Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru

1. Memiliki Tujuan yang Jelas

Mengapa anda ingin membuat blog? Mengapa anda menulis di blog? Apakah anda memiliki keinginan yang kuat?  Coba anda jawab dulu.....
Tips Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru
Atau anda sekedar ingin coba-coba, berhenti di tengah jalan juga tidak mengapa?.

Setidaknya dengan pertanyaan pertanyaan tersebut bisa menjadi gambaran kedepan nasib blog anda, dan di ketahui apakah serius atau sekedar untuk senang-senang mengisi waktu luang atau tujuan lainnya. Semua itu yang menentukan adalah diri kita masing-masing dan terserah, dikarenakan kita memiliki tugas dan tujuan-tujuan lain.

2. Memilih Tema Blog (Niche)

Pemilihan tema blog ini sangat sangat berkaitan erat dengan tujuan anda membuat blog, sehingga jika anda sudah memiliki jawaban dari pertanyaan tadi maka akan mudah menentukan tema blog anda akan membicarakan tentang apa, atau lebih berfokus pada materi apa.

Cenderungnya blog yang awet bertahan lama dan cukup ramai pengunjung adalah blog yang anda kuasai materinya, dan anda senang pada materi tersebut sehingga tulisan-tulisan tercipta dari sebuah kesenangan atau hobi bukan paksaan dari luar atau memaksakan diri.

(Baca Juga :14 Cara Agar Blog Muncul di Google Cepat Terindex Search Engine).

3. Platform blog

Pilih bikin blog dimana? Anda bisa pilih platform Blogger, Wordpress, Joomla, atau platform blog lainnya. Tapi jika anda adalah seorang pemula dalam blogging sebaiknya anda pilih Blogger dan jika anda sudah mahir blogging saya sarankan anda memilih Wordpress.

4. Template blog

Jika anda sudah memilih platform blog. Kini anda tinggal pilih template blog yang sesuai dengan platform dan tema blog anda. Template harus menarik, mudah diload, dan tidak terlalu mencolok. dan juga memilih elemen pembantu blog (plugins, widgets)

5. Target dan Sumber Pengunjung

Anda sudah memiliki target pembaca yang akan membaca artikel blog anda. Apakah penggemar Tips Trik Blogging, tanaman hias, agama,  otomotif, kesehatan, kata-kata motivasi atau campuran.

Selain itu, anda telah menarget sumber traffik terbesar anda apakah dari Facebook, Twitter, Google Plus, KasKus, Mesin Penelusuran Google, dari teman-teman sekolah atau dari mana? Atau anda ingin menguasai semua itu? tentu itu perlu perjuangan yang cukup panjang dan berat.
Penentuan target pembaca dan sumber traffik ini akan memudahkan anda membuat artikel sesuai minat pembaca anda.

6. Menentukan Harapan atau Keinginan yang Ingin Dicapai

Hal ini menjadi aspek penting yang akan menentukan seberapa keras dan kuat usaha anda, motivasi, dan mempertahankan semangat. Sebagai gambaran cobalah menjawab ini:

Rencana/capaian apa saja yang anda harapkan dari blog anda setelah 6 bulan?
Mengapa anda menginginkan capaian dan hasil tersebut?
Apa yang akan terjadi jika harapan tersebut tidak terwujud?

Pertanyaan tersebut sekaligus sebagai evaluasi untuk blog anda kedepannya

Itulah 6 persiapan sebelum membuat blog baru, untuk penentuan nama dan alamat blog dan cara buat blog silahkan baca pada link tersebut.