Wednesday, 2 March 2016

Cara Optimasi SEO untuk Video Youtube Paling Jitu

Cara Optimasi SEO Youtube Paling Jitu

Salah satu teman sekolah saya, saat ini memiliki hobi yang sangat menarik. Bukan hanya sebagai hobi, beliau juga menganggap ini sebagai sebuah proyek.

Ya, beliau membangun sebuah channel Youtube, beliau meng-upload beberapa video ke Youtube dengan berharap mendapatkan uang dari video-video yang diunggahnya dengan menjadi Publisher Adsense Youtube. Impian yang sangat brilian.

Video yang diunggah melalui channel Youtubenya menurut saya sudah lumayan bagus. Videonya berkualitas, original pastinya. Tetapi banyaknya penonton tidak sebanding dengan kualitas video-video yang diunggahnya. Ya, video yang diunggah teman saya 'kurang laku'. Padahal, banyaknya penonton video, berpengaruh besar pada penghasilan Adsense Youtube.

Selain memanfaatkan mesin pencarian Youtube, untuk membuat video Anda ditonton oleh banyak orang, Anda juga dapat memanfaatkan mesin pencari terpopuler yaitu Google Search. Karena sebagian orang terkadang mencari sebuah konten berupa video melaui Google Search.

Nah, jika Anda termasuk salah satu Youtuber seperti teman saya, tentunya Anda ingin sekali video Anda muncul di hasil pencarian dengan keyword yang jadi sasaran Anda.

Untuk itu, kali ini saya akan bagikan Cara Optimasi SEO (Search Engine Optimization) untuk Video Youtube yang akan membuat video Anda muncul di hasil pencarian Google dan juga memperoleh urutan pertama di pencarian Youtube.

1. Riset Keyword

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam strategi SEO untuk video Youtube adalah melakukan riset keyword atau lebih tepatnya riset kata kunci. 

Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketikan oleh orang di mesin pencari sesuai dengan topik channel Anda.

Carilah keyword yang sedang populer dan banyak dicari namun dengan tingkat persaingan sedikit atau tidak terlalu banyak. Setelah Anda menemukan keywordnya, silahkan tentukan video apa yang ingin Anda buat dan relevan dengan keyword yang telah Anda tentukan.

Misal channel Anda membahas seputar tutorial blogger, maka kira-kira kata kunci atau keyword apa yang sering digunakan orang untuk mencari tutorial seputar blogger di mesin pencari.

Misal keyword yang sedang digandrungi "Membuat Blog Valid HTML5", maka buatlah video mengenai langkah-langkah untuk membuat blog menjadi valid HTML5.

2. Buat Video yang Menarik dan Berdurasi Panjang

Mungkin bukan hanya saya, Anda pasti juga pernah membuka suatu video, lalu langsung menutupnya karena video tersebut kurang menarik.

Sama halnya seperti konten/artikel pada blog, membuat video yang berkualitas dan menarik adalah kunci utama dari kesuksesan video Youtube Anda. Karena percuma Anda melakukan jurus SEO apapun, jika video yang Anda unggah tidak menarik bagi pemirsa.

Jika Anda sudah membuat sebuah video yang menarik perhatian seseorang untuk membukanya, maka Anda juga harus membuat penonton tersebut kecanduan dengan video Anda.

Youtube juga memberi nilai relevansi tinggi terhadap video yang ditonton lebih lama. Semakin lama waktu yang dihabiskan oleh penonton untuk menonton video Anda, semakin Youtube menganggap video Anda relevan, maka Youtube dengan senang hati akan mengapresiasi channel atau video Anda untuk ditampilkan pada halaman depan ataupun halaman hasil pencarian Youtube. Jika dalam blogging, hal ini dikenal dengan kata Bounce Rate/Nilai Pentalan. Maka buatlah video yang berdurasi panjang.

3. Gunakan format HD (High Definition)

Menggunakan format HD untuk video Youtube sangat disarankan. Perlu Anda ketahui, Youtube lebih suka dan cinta dengan video HD dibanding video SD (Standart Definition), karena Youtube sangat mengutamakan kepuasan penonton dengan menampilkan atau mengutamakan video-video berkualitas.

Intinya Video HD selalu lebih diunggulkan dibanding video SD. Jika Anda takut kehabisan kuota atau bandwidth, Anda dapat mencoba membuat video setidaknya dengan ukuran 1080p, jika tidak, 720p sudah cukup baik. Jangan pernah mengunggah video lebih rendah dari 640p.

4. Nama File Video mengandung Keyword

Misal, keyword yang Anda targetkan adalah "Membuat Blog Menjadi Valid HTML5" maka nama file video Anda mesitnya "membuat-blog-menjadi-valid-html5.avi" atau dapat Anda kombinasikan sendiri sesuai judul yang sudah mengandung keyword.

Tinggalkan penggunaan nama default, misal VID12345.flv, MOV0234.avi, dan sebagainya.

Jika
Anda memberikan nama file yang berupa keyword, Youtube akan menganggap bahwa
kemungkinan besar video Anda memang relevan untuk pencarian dengan
keyword yang Anda targetkan.

5. Berikan Judul, Sub-Judul, Tags, dan Comment pada Description File Video

Sebelum meng-upload video Anda ke Youtube, masih ada lagi trik SEO yang harus Anda lakukan. Yaitu memberikan Judul, sub-judul, tags, dan comment pada description file video Anda.

Klik kanan file video Anda > Properties > Pilih tab Details

Cara Optimasi SEO untuk Video Youtube Paling Jitu


Isi title sesuai dengan judul video yang telah Anda persiapkan untuk meng-upload nanti (tips nomor 6), subtitle dengan keyword Anda atau kalimat apapun sesuka hati Anda yang penting mengandung keyword.

Isi Tags sesuai dengan tags video yang telah Anda persiapkan untuk tags video Anda di Youtube nanti (tips nomor 8) dan comment sesuai dengan deskripsi video Anda (tips nomor 7).

6. Letakkan Keyword pada Judul

Salah satu cara untuk
meng-optimasi SEO video Youtube Anda adalah dengan meletakkan keyword
atau kata kunci pada Judul agar Google dan Youtube dapat dengan mudah
mengenali atau menilai bahwa video Anda relevan dengan pencarian
tertentu.

Misal, keyword yang Anda targetkan "Membuat Blog Valid HTML5" maka Anda bisa menggunakan keyword tersebut sebagai judul, atau Anda juga dapat memberikan sedikit penambahan seperti "Cara Membuat Blog Valid HTML5".

7. Masukkan Keyword di Dalam Deskripsi Video

Tulislah gambaran dan penjelasan secara singkat dan informatif mengenai video Anda pada kolom deskripsi video Youtube Anda.

Letakkan keyword pada deskripsi sewajarnya saja, jangan sampai menulis keyword berulang-ulang atau menumpuk, karena nantinya video Anda akan dianggap "SPAM".

Untuk menghindari penggunaan keyword yang berulang-ulang, Anda dapat menggunakan keyword yang terkait atau sinonim (Latent Semantic Indexing keyword) dengan keyword target utama Anda.

Misal keyword Anda "Membuat Blog Menjadi Valid HTML5", maka Anda dapat membuat deskripsi seperti berikut :

Mem-validasi sebuah blog agar Valid HTML5 sebenarnya bukan sebuah kewajiban. Tetapi, jika Anda ingin mengikut perkembangan dan lebih terlihat profesional Anda harus mempedulikan validasi HTML5 blog Anda.... dan seterusnya

Jadi, Anda harus pandai menyelipkan keyword yang Anda targetkan, sehingga deskripsi tetap terlihat natural dan tetap relevan dengan video yang ditampilkan. Selain itu Anda juga dapat menambahkan tautan video Anda yang lain (internal linking) dan tautan Channel Youtube Anda di awal atau akhir deskripsi.

8. Gunakan Keyword dalam Tag

Optimasi SEO video Youtube juga bisa dilakukan dengan menambahkan tag sesuai dengan keyword yang Anda targetkan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tag dari video lain yang lebih populer. Gunakan tanda koma (,) jika Anda menambahkan lebih dari satu tag, sebagai pemisah antara tag satu dengan tag lainnya. Tambahkan juga tags yang sesuai dengan kategori video atau channel Anda.

9. Bangun Reputasi Channel Youtube Anda

Reputasi channel juga memberikan pengaruh besar pada hasil pencarian. Jadi tingkatkan terus reputasi Channel Anda. Channel dengan reputasi yang baik dalam hal hak cipta atau ke-original-an video akan lebih dihargai oleh Youtube. Hasilnya, video-video dari channel yang seperti ini lah yang lebih berpeluang menempati urutan pertama di hasil pencarian Youtube.

Sekian 9 tips Optimasi SEO untuk video Youtube yang saya harap dapat bermanfaat untuk Anda. Semoga setelah menerapkan tips ini, pemirsa video Youtube Anda akan meningkat drastis, Aamiin. Terima kasih.