Rabu, 07 Juli 2021

Pengertian Sekaligus Fungsi Marketing Mix Dalam Suatu Bisnis

 
Pengertian Sekaligus Fungsi Marketing Mix Dalam Suatu Bisnis

Meskipun anda tidak memiliki latar belakang pendidikan mengenai marketing. Bukan berarti anda tidak perlu mempelajari bab marketing. Sekarang ini semua hal bisa anda dapatkan informasinya melalui internet. Adapun salah satu konsep marketing yang harus anda pahami tentu saja terkait marketing mix. Mungkin saja anda pernah mendengarkan istilah tersebut. Tetapi kini anda sudah bisa mempelajarinya lebih lanjut.

Marketing mix merupakan kumpulan dari variable marketing yang biasanya dipergunakan untuk meraih sebuah tujuan marketing pada pasar yang tadinya sudah ditargetkan. Pertama kalinya istilah tersebut sengaja diperkenalkan oleh Neil Borden tepatnya pada tahun 1948. Sudah sejak lama istilah tersebut dipergunakan oleh pemilik bisnis di berbagai negara. Terlebih bai mereka yang ingin menyusun strategi marketing terbaik dalam suatu bisnis.

Mengenal lebih jauh tentang marketing mix 7p

Belajar tentang marketing memang penting sekali untuk dilakukan. Terlebih bagi anda yang sekarang ini menjalankan sebuah usaha. Bagi pemula bisnis tanpa adanya strategi marketing yang tepat tentunya sebuah usaha sulit mengalami kemajuan. Inilah mengapa kita perlu mempelajari lebih jauh terkait marketing mix.

Sebelumnya istilah tersebut hanya mencakup 4 elemen saja yakni price, place, produk dan promotion. Tetapi sekarang ini seiring dengan perkembangan zaman ternyata sudah dimodifikasi elemennya. Dimana konsepnya sudah berganti menjadi marketing mix 7p. Mungkin banyak yang belum paham terkait 7 elemen tersebut. Dari pada merasa penasaran sebaiknya simak uraian berikut ini:

  1. Product

Produk merupakan apapun yang telah diproduksi guna memenuhi kebutuhan orang lain. Baik itu dalam bentuk barang, jasa maupun produk virtual. Pada zaman era digital seperti sekarang ini produk memang tidak terbatas hanya produk fisiik saja. Tetapi banyak pula yang mampu menciptakan produk virtual. Setidaknya dalam memproduksi produk harus mengerti manakah produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Dari sini sebaiknya lakukan riset produk terlebih dahulu.

Kebanyakan bisnis yang mengalami kegagalan di tengah jalan dikarenakan buruknya kualitas riset produk yang sudah dilakukan. Kebanyakan pebisnis telah terjebak saat menciptakan suatu produk hanya dengan andalkan ide subjektif saja. Usahakan menghadirkan sebuah produk yang sangat dibutuhkan oleh konsumen sesuai data yang anda temukan di lapangan.

  1. Price

Price merupakan sejumlah uang yang sudah dikeluarkan oleh konsumen guna membeli produk. Jika anda memberikan patokan harga terlalu rendah nantinya bisa membahayakan bisnis yang sedang dijalankan. Tetapi jika anda mematok harga terlalu tinggi nantinya juga bisa mengurangi minat pembelinya. Setidaknya anda harus mampu menemukan titik paling tepat dimana konsumen merasa tidak keberatan hingga bisnis pun tetap berjalan.

Jadi usahakan memasang harga promo paling menarik supaya konsumen tertarik untuk membeli produk. Mengambil laba tidak harus banyak, apalagi bagi pemula bisnis. Setidaknya anda sudah mampu memperoleh laba dari penjualan suatu produk atapun jasa. Dengan gencar melakukan promosi pastinya semakin banyak orang mengenal bisnis yang sedang anda jalankan saat ini. Belajar mengenai marketing mix memang penting sekali. Jangan sampai usaha mengalami kegagalan hanya karena tidak memperhatikan konsep bisnis yang sudah ada.

  1. Place

Place merupakan lokasi dimana anda menjalankan suatu bisnis guna mencapai target pasar.sebuah usaha memang membutuhkan lokasi penjualan strategis agar mampu menjangkau targetnya. Unsur marketing mix kali ini mencakup gudang, kantor pusat,kantor cabang bahkan juga toko cabang. Usahakan untuk memilih lokasi paling strategis dengan memperhitungkan masalah biaya serta fungsinya.

Sekarang ini lokasi bukan hanya terbatas dengan lokasi fisik saja. Melainkan anda mampu pertimbangkan internet sebagai tempat untuk berjualan. Tempat ini bisa dijadikan tempat untuk menjual beragam produk yang menjadi kebutuhan banyak orang.

  1. Promotion

Dalam menjalankan sebuah usaha sebaiknya anda lengkapi pula dengan promosi. Dimana hal tersebut dilakukan supaya mampu tingkatkan brand awareness serta penjualan produknya. Promosi sekarang ini bisa anda lakukan pada berbagai macam media. Pada zaman era digital ini mau tidak mau anda harus mampu menjangkau calon konsumen di berbagai daerah. Promosi biosa anda lakukan melalui apapun. Bisa dengan memasarkan produk melalui internet, televisi,brosur dan lain sebagainya. Setidaknya promosi tersebut bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada para konsumennya.

  1. Physical Evidence

Physical evidence atau bukti fisik ini memang tidak hanya terbatas produk fisiknya saja. Produk fisik hanya menjadi salah satunya dari sekian banyak physical evidence. Bukti fisik bisa hadir dalam bentuk brosur, logo, bahkan souvenir. Para konsumen seringkali butuh yang namanya bukti fisik supaya mereka merasa lebih yakin saat berkeinginan membeli suatu produk.

  1. People

People merupakan sumber daya manusia yang telah menjalankan bisnisnya dari direktur sampai dengan staf. SDM sudah pasti menjadi asset paling penting dalam sebuah bisnis. Jadi jangan sampai anda salah menentukan SDM. Terlebih bagi pemula bisnis sebaiknya anda mencari informasinya sebanyak mungkin. Dengan begitu menjalankan sebuah usaha pun bukan perkara sulit untuk mengembangkannya. Jangan sampai salah dalam menentukan SDM sebab nantinya bisa berpengaruh terhadap perkembangan suatu bisnis.

  1. Process

Process merupakan mekanisme, prosedur ataupun alur yang harus dilakukan oleh konsumen hanya untuk mempergunakan layanan anda. Process ini dimulai dari bagaimana seorang konsumen  mampu ketahui sebuah produk anda baik itu dari media social maupun media yang lain. Saat konsumen sudah merasa tertarik membeli produk maka mereka pun perlu melakukan order. Proses tersebut bakalan terus berlangsung hingga konsumen mempergunakan barang maupun layanan yang sudah dibelinya.

Itulah tadi penjelasan terkait marketing mix 7p yang harus anda pahami. Dimana dulunya hanya terdiri dari 4 elemen saja. Kini sudah berkembang lagi menjadi 7 elemen yang mampu membantu perkembangan bisnis anda.

Manfaat marketing mix untuk suatu bisnis

Bisnis apapun itu yang anda jalankan, tanpa bantuan marketing tentu saja sulit berkembang. Apalagi bagi anda pemula bisnis harus giat mempromosikan usahanya. Yang pasti usaha anda harus mampu dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu nantinya usaha yang anda geluti sekarang ini mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Memulai sebuah usaha bukan perkara mudah sebab pasti ada beberapa masalah yang bakalan terjadi.

Yang terpenting anda harus mampu mengolah usaha anda dengan baik. Produk yang terbilang bagus saja ternyata masih belum cukup. Anda masih memerlukan sebuah strategi marketing supaya orang mengenal produk yang dipasarkan. Bahkan anda juga harus memahami beragam manfaat yang mampu diperoleh dari produknya.

Adapun fungsi dari marketing mix yakni mampu membantu anda saat merumuskan sebuah strategi marketing. Dengan begitu anda pun sudah mampu mengkomunikasikan produk dengan target pasar yang paling tepat. Perlu anda ketahui bahwasanya kegagalan dalam memasarkan sebuah produk ternyata menjadi faktor paling utama yang mampu menyebabkan kebangkrutan sebuah perusahaan.

Salah satu hal yang perlu anda lakukan agar terhindar dari yang namanya kegagalan tentu saja harus paham mengenai konsep marketing mix. Banyaknya pembahasan yang sudah hadir mampu membuat kita semakin paham tentang bab tersebut. Bagaimana pun juga strategi marketing dalam sebuah usaha penting sekali untuk dihadirkan. Dimana keberhasilan suatu bisnis juga bergantung pada hal tersebut.